Tuesday, August 21, 2018

Persiapan latihan sepeda untuk perlombaan Triathlon



Setelah anda finis berenang anda tidak dapat bersantai-santai anda harus bergegas menyelesaikan tantangan kedua yaitu cabang olahraga sepeda, anda harus bergegas ke tempat sepeda anda di letakan dan anda harus segera menggunakan perlengkapan  sepeda dan segera menyelesaikan tantangan ke dua.
Agar anda dapat menyelesaikan tantangan ke dua baik, persiapkan diri anda sebelum lomba dengan latihan secara rutin. Jangan hanya berlatih di jalan yang datar saja namun berlatihlah juga di jalanan yang menanjak karena tidak semua medan perlombaan selalu datar, sehingga ketika anda menghadapi medan yang menanjak anda sudah siap.

 Tips latihan sepeda :
 Awali dengan latihan endurance yaitu gunakan gaer depan 53 dan gear belakang 19 dengan kecepatan ±35  km/jam, jarak tempuh 50 km dengan medan jalan datar.
Jika medan jalan menanjak gunakan gear depan 39 dan gear belakan antara 21-28 kecepatan mengikuti tergantung tingginya tanjakan, semakin tinggi tanjakan semakin tinggi pula gear yang di gunakan.Tingkatkan waktu, kecepatan dan jarak tempuh di setiap latihan anda secara bertahap. Jenis sepeda yang efisien untuk perlombaan triathlon adalah road bike atau aero bike.

Persiapan sebelum lomba :
Cek sepeda Anda. Pastikan rem, tekanan ban, dan tinggi sadel sesuai dengan ukuran anda (tidak terlalu tinggi / terlalu rendah). Survey rute lomba yang akan di lalui sehari sebelum perlombaan sehingga anda dapat menyusun strategi saat kompetisi. Perhatikan petunjuk arah rute yang akan di lalui agar tidak salah jalan dan jangan lupa perhatikan peraturan perlombaannya.

Trik saat perlombaan :
Pada saat anda selesai berenang hentakan kaki secara agresif sebelum memulai bersepeda, karena gerakan ini berguna untuk memompa darah ke otot-otot penting pada kaki untuk menghilangkan pegal-pegal di kaki setelah berenang. Dan awali kayuhan sepeda dengan ringan anda bisa menggunakan gear depan 39 dan gear belakang 21. Begitu juga sebelum mengakhiri tahap bersepeda kira-kira pada jarak 200 meter terakhir. Gerakan ini bisa ditambah dengan melebarkan fleksor pinggul dan dada.




0 coment�rios:

Post a Comment